Bolu Lapis Sangkuriang Khas Bogor

15 Kuliner Khas Bogor Yang Menggoyang Lidah

15 kuliner khas Bogor yang menggoyang lidah – Nah gays, jika kemarin kita sudah membahas tentang 5 Pakaian Adat Dayak Yang Mendunia sekarang kita berpindah di kota Bogor. Tidak lengkap jika kita tidak membahas kuliner yang satu ini yang cocok untuk kamu bawa pulang ya gays.

Tidak cuma kota Solo saja yang terkenal dengan kulinernya yang sangat menggoda lidah Bogor juga punya kuliner yang sangat menggoda lidah lo. Nah, berikut 10 kuliner khas Bogor yang menggoyang lidah.

1. Toge Goreng

Toge Goreng Khas Bogor

Memang agak sulit menemukan kuliner yang satu ini di kota lain. Toge goreng ini sebenarnya itu tidak dimasak dengan digoreng ya gays, melainkan direbus. Toge yang sudah direbus kemudian dicampur dengan mie telor kuning dan irisan tahu goreng (terkadang juga dicampur dengan lontong atau katupat).

Campuran ini lalu disiram dengan bumbu berbahan dasar oncom dan tauco kemudian diberi tambahan kecap manis. Rasanya sangat sedap dengan sensasi manis dan asin, huuu sangat menggoda lidah ya gays, hehe.

Toge goreng ini sangat enak dinikmati waktu masih panas maupun hangat apalagi saat hujan turun dimakan waktu dingin-dinginnya cuaca dan dimakan saat masih hangat huu pasti enak banget tuh.

2. Bapatong

Bapatong Khas Bogor
Bapatong Khas Bogor/baroezyjourney.com

Salah satu kuliner khas Bogor adalah bapatong. Namanya cukup unik ya kalau kita dengar-dengar? Tapi jangan salah gays walau namanya mendekati kayak nama bakpau tapi ini bukan bakpau lo ya, hehe.

Bapatong ini merupakan singkatan dari bakso dan ketupat gentong, ketupat yang dipotong bentuk dadu ini disajikan dengan bakso ditambah dengan daging iga sapi yang sudah dipotong-potong dan kuah bakso dari kaldu sapi. Jika kamu mau mencicipi bapotong ini, kamu bisa datang ke Jln. Pangrango No. 1 Bogor.

3. Laksa Bogor

Laksa Khas Bogor
Laksa Khas Bogor/rafaelvacation.wordpress.com

Selain laksa Betawi, di Indonesia juga ada laksa yang terkenal lo salah satunya adalah laksa Bogor. Dalam kamus sansekerta, laksa artinya banyak. Maksudnya adalah, laksa ini dibuat dengan menggunakan banyak bumbu. Keunikan laksa Bogor adalah pada campuran oncomnya.

Laksa Bogor juga tidak menggunakan mie pada campuran umumnya. Laksa Bogor ini juga mengunakan toge dan daun kemangi segar. Kuahnya sendiri dibuat dengan menggunakan santan kelapa yabg sangat gurih dan enak.

Laksa Bogor ini juga memiliki tekstur yang agak kasar berkat parutan kelapa yang dimasukkan kedalam kuahnya. Laksa Bogor ini juga disajikan dengan tahu kuning, telur rebus dan diberi taburan serundeng. Jika kamu penasaran untuk merasakan citra rasa laksa Bogor ini, datanglah ke Kota Bogor di Gg Aut, Jl Suryakencana.

4. Doclang

Doclang Khas Bogor
Doclang Khas Bogor/masakenakdanmudah.com

Jika di Cirebon punya docang, maka Bogor punya doclang. Doclang ini mirip dengan ketupat gays dan lontong sayur. Bahan dasar makanan doclang itu terdiri dari pesor, irisan tahu goreng , irisan kentang rebus goreng, telur rebus, bumbu kacang cair, kecap dan kerupuk atau emping tangkil.

Pesor adalah sejenis ketupat yang terbuat dari beras putih yang dibugkus dengan menggunakan daun patat dan direbus selama beberapa jam. Sementara itu daun patat ini biasanya tumbuh liar di kaki Gunung Slak.

Beberapa penjual doclang yang “fanatik” biasanya juga menggunakan kecap merk Zebra yang merupakan kecap asli Bogor. Saat ini sudah tidak terlalu banyak penjual doclang yang di kota Bogor.

5. Cungkring

Cungkring Khas Bogor
Cungkring Khas Bogor/travelingyuk.com

Jika kita mendengar kata cungkring, kerap terpikir dibenak kita kalau cungkring itu dominan dengan orang yang berbadan tinggi tetapi kurus ya. Ya kalian tidak salah karena dalam kamus bahasa Indonesia memang itu arti cungkring itu sebenarnya.

Namun cungkring disini merupakan kuliner khas Bogor berupa potongan dari kikil dan bagian kepala sapi yang dimasak dengan beraneka bumbu terutama yaitu bumbu kuning dan diguyur dengan bumbu kacang yang rasanya manis dan gurih.

Dalam bahasa Sunda , cungkring artinya adalah kikil sapi. Makanan yang bentuknya sangat mirip dengan sate ini biasanya disantap dengan nasi ketan putih bercampur parutan kelapa dan disantap bersama tempe atau oncom goreng tepung. Cingkring ini biasanya disajikan dalam pincuk daun pisang. Kamu dapat menemukan cungkring ini di Gg Aut, Jl Surya Kencana, Bogor.

6. Ngo Hiang

Ngo Hiang Khas Kota Bogor
Ngo Hiang Khas Kota Bogor/id.openrice.com

Sebelunya maaf ya gays kalau makanan yang satu ini tidak halal untuk kalian umat muslim. Ngo hiang ini sebenarnya merupukan kuliner khas Cina. Ngo hiang artinya yaitu lima macam bumbu. Ngo hiang ini adalah daging yang dibuat dengan mengunakan campuran daging babi, udang dan sagu yang digulung berbentuk panjang.

Mirip dengan rolade, gulungan ngo hiang ini lalu dipotong-potong sebelum disajikan. Ngo hiang ini memiliki tekstur yang garing dan bagian kulitnya dan empuk dibagian dagingnya.

Ngo hiang ini disajikan dengan tahu dan kentang yang disiram dengan kuah kental yang rasanya manis dan gurih lalu diberi acar timun, lobak, dan wortel. Bagi penggemar pedas, kamu bisa menambahkan sambal cabai rawit. Namun kamu bisa menemukan ngo hiang dengan daging ayam kok gays.

7. Pepes Sagu

Pepes Sagu Khas Bogor
Pepes Sagu Khas Bogor/selipan.com

Selama ini, pepes yang kita kenal pastilah pepes tahu, pepes jamur, ataupun pepes ikan. Namun di Bogor ada pepes yang sangat unik lo gays, yaitu pepes sagu pisang. Kamu dapat menemukan pepes sagu pisang ini di Jl. Surya Kencana.

Sagunya tersa sangat lembut dan pisangnya pun sangat terasa lo. Selain pepes sagu pisang, ada juga pepes sagu pisang keju, pepes pisang sagu coklat dan pepes sagu nangka

8. Es Pala

Es Pala Khas Bogor
Es Pala Khas Bogor/jagat-resep.blogspot.co.id

Sedikit informasi ya, es pala sebenarnya sudah ada sejak jaman penjajahan Belanda bahkan minuman ini sangat digemari oleh orang-orang Belanda lo gays. Es pala khas Bogor ini terbuat dari irisan buah pala dan gula pasir dengan tambahan sedikit garam.

Bahan-bahan ini lalu direbus dahulu sebelum disajikan dalam keadaan dingin. Es pala ini memiliki aroma yang sangat harum dan rasa yang menyegarkan untuk diminum. Selain lezat , es pala ini juga beramanfaat untuk kesehatan antara lain untuk mengatasi rasa mual, dan mengurangi nyeri datang bulan.

9. Asinan Jagung Bakar

Asinan Jagung Bakar Bogor
Asinan Jagung Bakar Bogor/ksmtour.com

Nah, inilah salah satu kuliner khas Bogor yang sangat unik gays. Asinan jagung bakar. Jagung manis yang telah dibakar lalu dipipil (dilepaskan dari bongkolnya) dan dicampurkan dengan kuah air cabai yang dicampur cuka dan gula.

Rasanya itu sangat unik, memiliki cita rasa yang manis, asam, dan pedas yang berpadu menjadi satu. Sangat menyegarkan untuk disantap saat cuaca gerah. Asinan jagung bakar ini biasanya disantap bersama kaerupuk mie dan irisan mentimun.

10. Asinan Bogor

Asinan Khas Bogor
Asinan Khas Bogor/http://harianresep.blogspot.co.id

Kuliner khas Bogor yang tidak boleh kamu lewatkan jika kamu berkunjung ke kota Bogor nih gays, yakni asinan khas Bogor. Asinan Bogor ini merupakan kuliner hasil percampuran dari budaya masyarakat Tionghoa yang sudah beratus-ratus tahun tinggal di Kota Bogor.

Ada tiga jenis asinan Bogor, yaitu asinan buah, asinan sayur dan asinan campuran buah dan sayur. Potongan-potongan buah dan sayur yang kemudian diguyur kuah asam pedas ini rasanya sangalaht segar dan nikmat apalagi bila disantap dengan kerupuk dan kacang tanah.

11. Kacang Bogor Istana

Kacang Khas Bogor
Kacang Khas Bogor/http://snackistana.blogspot.co.id

Kacang Bogor ini bersaing ketat dengan talas Bogor yang dikenal identik dengan kota hujan. Kacang Bogor berbeda dengan kacang tanah, kacang kedelai atau kacang apapun. Kacang ini berbentuk bulat dan dalamnya berwarna ungu. Pada bulan Februari sampai April. Kamu bisa dengan mudah menemukan kacang khas Bogor rebus yang disajikan dipinggir-pinggir jalan.

12. Pia Apple Pie

Pia-Apple-Pie-Bogor
Pia-Apple-Pie-Bogor/pinterest.com

Pia Apple Pie sepertinya sudah cukup populer ditelinga warga Bogor dan sekitarnya. Restoran yang terletak di Jl Pangrango No. 10 ini memang terlihat seperti rumah biasa, namun justru itu di situlah keistimewaannya. Berada disini, kamu akan merasa nyaman seperti di rumah sendiri.

Seperti namanya, menu andalan disini adalah pie apple pie yang bisa dinikmati di temapt atau dibawa pulang sebagi oleh-oleh. Apple pie berbentuk hati dengan ukuran yang cukup besar. Teksturnya yang garing dan renyah diluar berpadu selai apel lembut akan membuat lidah kamu bergoyang deh. Disini, tersedia juga pie dengan isi lainnya seperti stroberi, bluberi dan keju.

13. Macaroni Panggang Bogor

Makaroni Panggang Khas Bogor
Makaroni Panggang Khas Bogor/phinemo.com

Resto macaroni penggang menjadi salah satu tempat wisata kuliner favorit di Bogor saat ini. Berlokasi di kawasan Taman Kencana, tempat ini cukup gampang diakses. Mirip dengan macaroni schotel, namun macaroni panggang memiliki tekstur lebih kering dipadu dengan isian macaroni, daging dan keju akan membuat anda tak cukup jika satu porsi.

Macaroni panggang tersedia dalam tiga ukuran yaitu small, medium dan large. Untuk oleh-oleh, sebaiknya kamu beli yang ukuran large deh, takutnya entar kamu nyesal kalo kurang, hehe. Namun kalau kamu mencicipi saja beli aja yang ukuran small pasti kurang deh, hehe.

14. Bolu Lapis Sangkuriang

Bolu Lapis Sangkuriang
Bolu Lapis Sangkuriang/iklantravel.com

Namanya kayak ada jenis-jenis ikan lele ya gays,hehe. Namun ini bukan lele lo gays melainkan ini adalah bolu lapis. Talas bogor ini sudah cukup populer di kalangan wisatawan yang datang ke kota ini. Namun bagaimana dengan bolu yang satu ini? Bolu ini adalah bolu salah satu solusi penikmat talas yang tidak suka dengan olahan keripik yang banyak mengandung minyak.

Bolu ini terdiri dari dua warna yakni ungu dan kuning. Untuk menambah cantik tampilan dan kelezatan rasanya, bolu ini tersedia dengan berbagai topping. Kamu bisa memilih mulai dari topping keju, choco chip, sampai rainbow chip.

Bolu lapis sangkuriang ini sangat cocok bila dijadikan oleh-oleh karena bolu ini bisa tahan lama yaitu sampai 4 hari diluar lemari es. Jadi langsung saja datang ke Jalan Raya Sholeh Iskandar dan pilih toping yang menarik menurut anda.

15. Roti Unyi Venus

Roti Venus
Roti Venus/titofebrian.com

Apa yang kamu pikirkan bila kamu mendengar kata unyil gays? Mungkin yang terlintas di fikiran kamu rotinya yang kecil dan imut ya. Tetapi memang benar, roti ini memiliki ukuran yang kecil dan imut, namun rasanya dijamin deh bakalan membuat kamu tak lelah untuk mengunyah dan memakan roti venus ini.

Kamu bisa menemukan roti unyil venus ini di Jalan Pajajaran, Komplek V point 1 ini menyediakan roti unyil dalam beberbagai varian rasa. Buka mulai pukul 6 pagi sampai 9 malam, took ini hampir selalu dipenuhi pembeli lo gays, apalagi saat akhir pekan. Kalau kamu datang waktu akhir pecan dijamin deh kamu bakal antri lama.

Jika kamu datang pagi hari, kamu masih bisa memilih dan mendapat setiap varian rasa roti unyil. Bebeda jika kamu datang sore apalagi malah hari kemungkinan kamu kesana akan sia-sia karena kemungkinan stok roti sudah habis. Beberapa varian rasa roti unyil ini yakni fla jagung, sosis keju, pisang keju, fla coklat, abon, srikaya, dan kismis.

15 kuliner khas Bogor yang menggoyang lidah – Nah gays, itulah 15 kuliner khas Bogor yang rasanya dijamin akan menggoyang lidah kamu dan akan membuat kamu ketagihan. Jangan kawatir gays, sekarang kuliner khas Bogor sudah tersebar di penjuru-penjuru kota Bogor kok gays. Nah, itu tadi sedikit informasi tentang kuliner khas Bogor ya gays, selamat mencoba.

Tinggalkan komentar