Kopi Aceh

20 Makanan Khas Aceh Yang Terkenal, Unik Dan Enak

Makanan Khas Aceh – Provinsi Aceh di Indonesia berada di ujung barat yang memiliki bekas bencana alam yang cukup memilukan pada tahun 2004. Namun, tragedy yang melanda Kota Aceh ini kemudian tidak membuat rakyat Aceh menderita.

Sehigga mereka sekarang terus berusaha untuk bangun dan melangkah lebih maju dan modern tanpa meninggalkan adat-adat tradisional mereka. Daerah yang terkenal dengan sebutan serambi mekahnya ini ternyata memiliki banyak sekali keindahan alam yang mengagumkan.

Tak hanya pemandangan alamnya saja yang membuat perhatian para wisatawan yang ingin melihat pantai dan pulau-pulau yang indag yang ada di Aceh. Numun banyak juga yang kesini hanya untuk mencari makanan khas Aceh yang terkenal enak ini.

Nah, berikut ini adalah makanan khas Aceh yang akan bikin kamu ngiler!! Mari kita simak 20 Makanan Khas Aceh

1. Mie Aceh, Makanan Khas Aceh

Mie Aceh
Mie Aceh

Di Indonesia pasti tidak asing dengan makanan yang satu ini. Mie Aceh merupakan makanan yang cukup menarik untuk di coba saat berkunjung ke Kota Aceh ini. Untuk memakan masakan Mie Aceh ini bisa dengan dua cara yaitu dengan cara, di goreng atau dengan kuah.

Untuk masalah rasa pedas atau tidak itu sesuai dengan selera kita masih-masing. Agar tidak bosan, mie Aceh dapat kita sajikan dengan beberapa varian lauk, bisa mulai dari seafood atau daging.

2. Sate Matang

Sate Matang Khas Aceh
Sate Matang Khas Aceh

Sate Matang ini tidak ada bedanya dengan sate pada umumnya. Namun bedanya sate matang ini terbuat dari daging sapi atau daging kambing.

Namun daging yang sudah di olah kemudian di ungkep dengan bumbu khas Aceh kemudian memasuki proses pembakaran. Sate matang ini paling enak jika di santap dengan kuah soto yang kaya akan bumbu-bumbu yang bisa bikin kita nambah lagi.

3. Kuah Pliek U

Kuah Pliek Khas Aceh
Kuah Pliek Khas Aceh

Biasanya masyarakat Aceh memakan makanan yang satu ini sebagai penyaluran atau rasa syukur atas hasil bumi Aceh. Makanan ini juga memiliki arti sebagai pedoman keberagaman dalam bermasyarakat yang tertuang dalam satu kuali besar.

4. Gulai Kambing

Gulai Kambing
Gulai Kambing

Gulai Kambing merupakan makanan khas Aceh yang sudah terkenal di seluruh Indonesia. Bakana makanan yang satu ini wajib ada saat hari besar yaitu Idul Adha. Namun jika kamu berkunjung ke Aceh, kamu akan merasakan rasa gulai kambig yang sangat berbeda dan sangat enak dengan bumbu khas Acehnya.

Gulai Kambing ini di masak dalam kuali besar dan penyajiannya dalam keadaan hangat, daging kambingnya sangatlah empuk dan tidak berbau kambing lagi.

5. Kuah Masem Keu-eung, Masakan Khas Aceh

Kuah Masem Keu-eung
Kuah Masem Keu-eung

Masakan Masam Keu-ueng ini tidak hanya bisa kamu dapatkan di Aceh saja, namun di seluruh Indonesia sudah mengenal masakan ini namun dengan nama yang berbeda. Masakan ini sangatlah cocok dengan lidah Indonesia yang dominan suka dengan rasa pedas manis.

6. Kuah Sie Itek

Kuah Sie Itek
Kuah Sie Itek

Masakan selanjutnya adalah olahan yang terbuat dari bahan dasar itik atau bebek, namun cara mengolahnya dengan cara yang berbeda dan resep yang diwariskan turun-temurun dari para pendahulu atau leluhur masyarakat Aceh.

7. Ayam Tangkap, Kuliner Khas Aceh

Ayam Tangkap Khas Aceh
Ayam Tangkap Khas Aceh

Ayam tangkap merupakan olahan daging ayam yang dicincang kecil-kecil yang di tumpuk dengan daun temuru dan cabai hijau kemudian di tambahi taburan bawang goreng. Jika kamu pertama kali makan masakan khas Aceh yang satu, pasti kamu akan bingung untuk makan ayam yang di selimuti dengan daun temuru.

8. Rujak Aceh

Rujak Aceh
Rujak Aceh

Rujak Aceh merupakan makanan khas Aceh yang memiliki rasa pedas dan rasa yang berbeda pada rujak yang lain. Rujak aceh berisikan buah rumbia Aceh yang disiram dengan sus rujak khas Aceh. Rujak Aceh sangat cocok jika di sajikan dengan es serut dan dimakan dalam keadaan dingin.

9. Martabak Aceh

Martabak Aceh
Martabak Aceh

Martabak yang berasal dari Aceh ini memiliki rasa yang berbeda dengan martabak yang lainnya. Tentu rasa martabak Aceh ini tidak kalah enak dengan martabak yang sering kalian makan.

Martabak Aceh ini berbahan roti cane sebagai lapisan luar, bertambah dengan taburan bawang merah, cabai hijau, dan di lengkapi dengan kuah sambal.

10. Ungkot Kemamah, Makanan Khas Aceh

Ungkot Kemamah
Ungkot Kemamah

Ungkot Kemamah merupakan makanan khas Aceh yang berbahan dasar ikan tuna yang di keringkan dan kemudian di cincang. Ikan kemamah ini bisa dimasak dengan bahan masakan seperti santan kelapa, cabai hijau, kentang dan rempah-rempah lainnya.

Masakan ungkot kemamah ini sudah sangat populer pada zaman perang melawan Belanda dulu. Masakan ini sangat populer dan disukai banyak masyarakat karena masaknya yang berbeda.

11. Kue Adee atau Bingkang

Kue Adee Khas Aceh
Kue Adee Khas Aceh

Kue Adee atau Bingkang ini merupakan kue tradisionak khas Aceh yang bisa kamu temui di kawasan kabupaten Pidie Jaya. Kue ini memiliki tekstur yang sangat lembut, lengit dan manis. Makanan khas Aceh yang satu ini sangat cocok jika di jadikan oleh-oleh.

12. Kue Timpahan, Jajanan Khas Aceh

Kue Timpahan Khas Aceh
Kue Timpahan Khas Aceh

Makanan khas Aceh yang selanjutnya adalah kue timpahan. Kue timpahan ini berbahan dasar tepung ketan, bercampur dengan srikaya dan pisang beranang.

Dalam tradisi Aceh, kue timpahan merupakan hidangan wajib jika ada tamu yang berkunjung ke rumah ketika hari raya lebaran, baik itu di idul fitri maupun hari raya idul adha.

13. Kopi Aceh

Kopi Aceh
Kopi Aceh

Aceh merupakan kota penghasil kopi terbesar di Indonesia, dengan cita rasa kopi dan aromanya yang kuat maka kota ini memiliki penghasil kopi terbaik di Indonesia. Kopi Aceh mengandung antitoksin yang dapat menambah stamina dalam tubuh dan kopi khas Aceh ini memiliki khasiat dapat mengencangkan kulit lho.

14. Sanger, Minuman Khas Aceh

Sanger Minuman Khas Aceh
Sanger Minuman Khas Aceh

Sanger juga merupakan minuman khas Aceh. Sanger merupakan campuran dari kopi hitam, susu kental manis dan gula. Sanger memang sangat mirip dengan kopi susu di café-café.

Tapi jangan salah sanger berbeda dengan kopi pada umumnya, karena belum semua orang bisa membuat kapi sangar ini. Pada saat kopi di seduh dengan saringan dari kain berbentuk kerucut, kemudian di tambah dengan susu kental dan sedikir gula.

15. Manisan Pala

Manisan Pala
Manisan Pala

Seperti namanya makanan yang satu ini memang terbuta dari buah pala. Jika kamu berkunjung ke Aceh, kamu akan banyak sekali mendapati penjual manisan buah pala ini. Baik ada yang di toko-toko besar maupun di toko-toko kecil.

16. Pisang Sale, Oleh-Oleh Khas Aceh

Pisang Sale Khas Aceh
Pisang Sale Khas Aceh

Pisang sale sudah lama di kenal sebagai makanan tradisional kususnya di kawasan Aceh Timur sebagai sentra pisang sale wilayah Aceh.

Makanan yang satu ini memiliki rasa dan aroma yang khas, terbuat dari pisang matang yang kemudian di jemur sampai kering. Jika sudah kering kemudian pisang ini di asapi agar tahan lama. Pisang sale bisa di santap langsung maupun di goreng terlebih dahulu.

17. Kembang Loyang

Kembang Loyang
Kembang Loyang

Jika kita di jawa banyak menemukan makanan yang satu ini, maka kamu perlu tahu bahwa sesungguhnya Tembang Loyang merupakan makanan khas Aceh.

Kembang Loyang terbuat dari ropi bercampur dangan gula, telur dan sari pati santan kelapa. Kembang Loyang sering hadir dalam acara hajatan dan hari-hari besar masyarakat Aceh.

18. Lepat, Makanan Khas Aceh

Lepat Khas Aceh
Lepat Khas Aceh

Masyarakat Indonesia pasti mengenal makanan yang satu ini. Makanan khas Aceh yang lapat ini bisanya di bungkus dengan daun pisang lalu di kukus dan isinya kelapa parut. Makanan ini bisanya di hidangkan pada hari besar dan makanan ini bisa bertahan lama hingga satu bulan.

19. Bakpia Aceh, Oleh-Oleh Khas Aceh

Bakpia Khas Aceh
Bakpia Khas Aceh

Kuliner satu ini merupakan kuliner modern khas Aceh yang sudah sangat terkenal di Indonesia. Bakpia Aceh ini berisikan kacang hijau yang manis pasti rasanya menggoda.

20. Kue Keukarah

Kue Keukarah
Kue Keukarah

Kue yang satu ini merupakan kue khas tradisional khas Aceh. Kue ini terbuat dari campuran tepung dan santan, kue ini berbentuk lembing sebesar telapak tangan orang dewasa dengan rasa manisnya yang khas.

Sekilas kue ini mirip dengan serabut atau sarang burung. Karena rasanya yang enak dan berbentuk unik, tidak sedikir orang yang membawa kue karah sebahi oleh-oleh.

Nah, itu tadi beberapa makanan khas Acah dan semoga bisa menambah wawasan dan informasi kamu ya sob. Sampai ketemu lagi di artikel-artikel yang lainnya.

Tinggalkan komentar