ayam-betutu Khas Bali

35 Makanan Khas Bali Yang Enak Dan Terkenal

Makanan Khas Bali – Bali merupakan pulau favorit para wisatawan baik dari dalam Negari maupun luar negeri. Bali terkenal dengan tempat wisatanya yang sangat indah dan cantik-cantik. Terutama yaitu pantai yang ada di Pulau Bali ini. Banyak touris yang datang kesini hanya untuk menikmati keindahan pantai yang ada di Bali ini.

Tak hanya terkenal dengan tempat wisatanya saja yang terkenal indah, namun salah satu pulau yang ada di Indonesia ini juga memiliki wisata kuliner yang sangat enak dan wajib kamu coba. Tak lengkap rasanya jika berlibur ke Pulau Bali namun tidak menikmati wisata kuliner yang ada di Bali yang menggugah selera.

Nah, kali ini kita akan mengulas apa saja sih makanan khas Bali yang bikin kamu ngiler? Biar tidak penasaran yuk, langsung saja kita simak 35 makanan khas Bali yang terenak dan terpopuler.

1. Blayang Raja, Makanan Khas Bali

Blayag Raja
Blayag Raja/by ksmtour.com

Blyang Raja merupakan makanan tradisional khas Bali. Makanan ini biasanya di sajikan pada acara tertentu atau acara adat yang ada di Bali. Salah satu contohnya adalah acara pernikahan dan acara-acara lainnya.

Makanan khas Bali yang berasal dari Buleleng ini terbuat dari ketupat yang disiram dengan bumbu khas Bali yang sangat enak dan gurih. Namun untuk menumui makanan khas Bali yang satu ini kamu perlu berjuang, karena penjual makanan yang satu ini sudah cukup jarang.

Namun kamu yang usah kawatir akan rasa dan kenikmatan makanan yang satu ini. Karena sekarang sudah mulai banyak warung-warung yang menjual Blayang Raja ini.

2. Bubur Injin

Bubur Ijin Khas Bali
Bubur Ijin Khas Bali/by instagram @bycosmetics_krsk

Bubur injin ini sangat cocok jika di jadikan makanan penutup maupun untuk menemani hari-hari mu saat bermain di pantai sekitar Pulau Bali. Bubur ini terbuat dari ketan hitam yang kemudian di beri santan dan di atasnya di taburi dengan potongan nangka.

Baut kamu yang penasaran akan kenikmatan bubur injin khas Bali yang satu ini, kamu bisa datang ke Kafe Batan Waru yang berada di daerah Kuta.

3. Tipat Cantok

Tipat-Cantok Khas Bali
Tipat-Cantok Khas Bali/by instagram @bayueka1404

Nah, makanan yang satu ini sangat mudah di temui di daerah Bali, karena sekarang sudah banyak warung-warung sederhana yang menjajalkan makanan khas Bali yang satu ini. Tipat Catok terbuat dari kacang panjang, tauge, dan kangkung yang kemudian di siram dengan bumbu kacang khas Bali.

4. Godoh Gedang

Godoh-Gedang khas Bali
Godoh-Gedang khas Bali/by instagram @heshidayat

Makanan yang satu ini hampir sama dengan makanan khas Jawa yaitu gedang goreng, namun godoh gedang yang satu ini di sajikan dengan cara yang berbeda. Pisang goreng ini di sajikan dengan tambahan krim gula segar atau gula kayu manis yang enak.

5. Jaja Bendu, Oleh-Oleh Khas Bali

Jaja-Bendu khas Bali
Jaja-Bendu khas Bali/by balinewsinformation.files.wordpress.com

Oleh-oleh khas Bali Jaja Bendu ini terbuat dari bahan dasar tepung ketan yang di dalamnya terdapat isian berupa gula Bali dan parutan kelapa. Adonan tadi yang sudah jadi dan sudah di bungkus dengan daun pisang. Buat kamu yang ingin pulang dengan membawa oleh-oleh khas Bali yang satu ini, langsungnya datang ke sentro pulau Bali.

6. Jaja Wajik

Jaja-Wajik Khas Bali
Jaja-Wajik Khas Bali/by http://kooliner.com

Makanan ini sangat mudah di temukan diseluruh pualu Bali. Makanan khas Bali yang satu ini termasuk makanan tradisional khas Bali yang masih banyak dan mudah kamu temukan di toko-toko yang ada di Bali.

7. Urutan

Urutan Khas Bali
Urutan Khas Bali/by instagram @kuliner_klungkung

Urutan merupakan makanan tradisional khas Bali yang terbuat dari usus babi yang di dalamnya di isi dengan daging cicang, lemak, dan beraneka bumbu-bumbu yang sangat nikmat. Makanan ini terbilang sangat unik, karena terbuat dari selongsong usus babi untuk membungkus daging-daging sebagi isinya.

8. Tum, Kuliner Khas Bali

Tum Khas Bali
Tum Khas Bali/by instagram @msdelima

Makanan khas Bali yang sudah sangat terkenal ini biasa disebut Tum. Makanan ini sejenis pepes yang dibuat dengan campuran daging ayam atau daging bebek cincang, bumbu khusus dan tak lupa santan. Bahan tersebut kemudian dicampur sampai rata, jika sudah kemudian dibungkus dengan daun pisang kemudian dikukus sampai matang.

9. Timbungan

Timbungan Khas Bali
Timbungan Khas Bali/by instagram @hiyzy_fooddiary

Makanan khas Bali yang satu ini terbilang makanan yang cukup ekstrim, karena makanan ini terbuat daging kelalawar yang di awetkan. Timbungan ini diawetkan dengan cara memasukkannya ke dalam satu ruas bumbu.

10. Siobak Singaraja

Siobak Khas Bali
Siobak Khas Bali/by instagram @infodenpasar

Masakan ini lebih seperti makanan khas Cina. Siobak singaraja ini telah diolah dan di modifikasi sedemikian rupa sehingga bercita rasa loka khas Bali. Siobak khas Bali ini terbuat dari daging babi yang sudah diberi bumbu khusus siobak dan di tambahi dengan bumbu tauco, kecap, tepung kanji dan tak lupa cuka.

11. Pesan Clengis

Pesan-Clengis Khas Bali
Pesan-Clengis Khas Bali/by infoobjek.files.wordpress.com
Terbuat dari endapan sari kelapa atau dikenal dengan nama clengis yang ke

Makanan Khas Bali yang satu ini seperti makanan khas Jawa yaitu botokan. Pepes Clengis ini terbuat dari endapan kelapa atau sari kelapa atau yang di kenal dengan clengis yang kemudian dimasak layak seperti pepes.

12. Penyon, Kuliner Khas Bali

Penyon Khas Bali
Penyon Khas Bali/by blogspot.com

Penyon merupakan salah satu jenis hewan laut yang suka sembunyi di bawah pasir pantai, hewan ini hampir mirip dengan kepiting. Tentu masalah kelezatannya tak kalah dengan kepiting, dengan di beri sedikit garam dan bumbu-bumbu khusus pasti akan menggugah selera makan kamu.

13. Nasi Yasa

Nasi-Yasa Khas Bali
Nasi-Yasa Khas Bali/by instagram @bobbyalcoholicrider

Nasi ini hanya ada saat acara-acara terentu seperti acara upacara keagamaan. Nasi ini merupakan nasi kuning yang di sajikan dengan tambahan menu seperti daging ayam, telur, lalapan dan sambal. Buat kamu yang ingin mencoba makanan ini tak usah kawatir, karena sekarang sudah mulai banyak toko-toko yang menjual makanan nasi yasa.

14. Nasi Sela

Nasi-Sela Khas Bali
Nasi-Sela Khas Bali/by instagram @saskaragita

Nasi sela merupakan perpaduan antara nasi putih dan ubi jalar. Nasi sela ini memiliki rasa yang manis dan unik, sangat cocok buat mengisi perut kamu yang sedang lapar.

Dengan tambahan menu yang sangat lengakap akan terasa sangat nikmat rasa dari nasi sela ini. Tak usah penasaran langsung saja datang ke Warung Ibu Nengah Sukerti yang berada di dekat RSUD Karangasem.

15. Nasi Bubuh

Nasi-Bubuh Khas Bali
Nasi-Bubuh Khas Bali/by instagram @kulinerdenpasar

Jika di Jawa ada nasi bubur kalau di Bali ada nasi bubuh. Nasi bubuh merupakan makanan khas Bali yang terbuat dari bahan dasar nasi yang dimasak hingga menjadi bubur yang disajikan dengan berbagai sayuran, sambal dan lauk pauk seperti tempe. Kamu bisa menemui penjual nasi bubuh ini di daerah Buleleng.

16. Komoh Bali, Makanan Khas Bali

Komoh Khas Bali
Komoh Khas Bali/by blogspot.com

Makanan yang satu juga bisa disajikan di acara-acara adat Bali, seperti upacar adat keagamaan. Komoh Bali terbuat dari sayuran yang berisi hati, kulit dan daging baik daging ayam maupun daging sapi.

17. Jukut Urap

Jukut-Urap Khas Bali
Jukut-Urap Khas Bali/by instagram @supermalkarawaci

Secara penapilan makanan ini hampir mirip dengan dengan urapan khas Jawa. Memang benar makanan ini tak jauh berbeda dengan makanan khas Jawa yaitu urap-urap, namun jakut urap tak selengkap seperti urap-urap khas Jawa.

18. Jakut Ares

Jukut-Ares Khas Bali
Jukut-Ares Khas Bali/by instagram @kadekdody

Makanan ini merupakan makanan yang terbuat dari pohon pisang muda yang diiris tipis-tipis dan di masak dengan daging babi serta di tambah bumbu khusus.

19. Gerang Sambel Bawang

Gerang-Sambel-Bawang Khas Bali
Gerang-Sambel-Bawang Khas Bali/by blogspot.com

Nama makanan ini jika di artika yaitu sambal ikan teri. Memang garang sambel bawang adalah sambel yang terbuat dari ikan teri dengan tambahan irisan bawang merah dan cabai rawit yang masih segar serta tak lupa ikan teri yang sudah di goreng.

20. Sambla Bongkot

Sambal-Bongkot Khas Bali
Sambal-Bongkot Khas Bali/by instagram @putrivania6091

Makanan khas Bali selanjutntya adalah Sambal Bongkot, sambal bongkot terbuat dari irisan bunga kecombrang dan cabai serta bawang sebagai pelengkap rasa pedas. Makanan ini memiliki rasa yang pedas namun menyegarkan dan sangat cocok jika di makan dengan nasi.

21. Brengkes, Kuliner Khas Bali

Berengkes Khas Bali
Berengkes Khas Bali/by instagram @makan.barengplg

Makanan ini tak jauh berbeda dengan makanan khas Jawa yaitu berngkesan. Namun brengkes khas Bali ini lebih dominan terbuat dari daging ikan dan daging babi. Makanan ini memiliki citra rasa yang pedas dan memiliki tampilan seperti pepes.

Ikan atau daging yang sudah di bumbui kemudian di bungkus dengan daun pisang, kemudian brengkes yang sudah dibungkus tadi lalu di bakar. Brengkes sangat cocok jika dimakan dengan nasi putih yang masih hangat.

22. Be Pasih Mesambel Mentah

Be-Pasih-Mesambel-Matah
Be-Pasih-Mesambel-Matah/by instagram @loeculoecu

Be pasih mesambel matah jika diartikan dalam bahasa Indonesia yaitu ikan laut yang dibakar dan disajikan dengan sambal mentah. Sungguh nikmat jika makanan ini jika dimakan bersama nasi putih yang masih hangat. Proses pemasakan makanan ini yaitu dengan cara di bakar diatas arang dari batok kelapa.

23. Garangasem

Garangasem Khas Bali
Garangasem Khas Bali/by instagram @citrahendrawijaya

Makanan khas Bali ini memiliki citra rasa yang hampir mirip dengan sayur asam khas Jawa. Jadi buat kamu yang membeli makanan ini jangan kaget jika rasa garangasem ini sangat mirip dengan sayur asam.

24. Telur Bumbu Bali

Telur-Bumbu-Bali
Telur-Bumbu-Bali/by instagram @belajarmemasak1

Telur bumbu Bali ini sudah sangat populer di masyarakat local maupun luar Bali. Rasa makanan yang satu ini hampir mirip dengan telur bumbu balado. Telur bumbu Bali ini sangat pas jika di makan bersama dengan nasi putih hangat dan di temani es teh yang sangat segar.

25. Rujak Kuah Pindang

Rujak-Kuah-Pindang Khas Bali
Rujak-Kuah-Pindang Khas Bali/by instagram @liligundiwarungjajebali

Rasa rujak kuah pindang ini merupakan perpaduan antara rasa pedas dan manis. Dengan tambahan irisan buah-buahan yang lengkap dengan tambahan bumbu rujak kuah pindang pasti bikin perut kamu jadi kenyang. Rujak ini sangat cocok jika disantap di siang hari sambil menikmati suasana pantai Bali yang indah.

26. Bubur Mengguh

Bubur-Mengguh Khas Bali
Bubur-Mengguh Khas Bali/by instagram @prinkamaharani

Tidak lengkap jika kamu berkunjung ke Buli ini tapi belum pernah merasakan Bubur Mengguh yang sangat lezat. Tampilan makanan yang satu ini hampir mirip dengan bubur ayam, namun makanan ini menjadi sarapan sehari-hari masyarakat Buleleng. Perpaduan antara santan dan suwiran ayam membuat bubur mengguh ini siap untuk disantap.

27. Nasi Campur

Nasi-Campur Khas Bali
Nasi-Campur Khas Bali/by instagram @sandradewi68

Tak hanya di Jawa saja lho, kamu bisa mendapatkan nasi campur. Di Bali juga terdapat nasi campur dengan varian menu atau lauk yang berbeda. Dengan varian lauk yaitu sayur, lauk, lawar dan juga sate lilit membuat makanan ini bisa mengenyagkan perut kita selama satu hari.

28. Lawar

Nasi-Jinggo Khas Bali
Nasi-Jinggo Khas Bali/by instagram @javafoodie

Pulau Bali memang terkenal dengan kelalawarnya, jadi gak heran jika kamu berkunjung ke Bali akan banyak sekali menemukan rumah makan yang menjajakan dengan menu daging kelelawar.

Lawar merupakan makanan khas Bali antara campuran sayur, daging cincang yang di tambahi dengan bumbu-bumbu, tak lupa bumbu kelapa yang wajib ada di makanan ini. Daging yang digunakan yaitu babi, sapi dan daging ayam jadi kalau kamu mau membeli makanan yang satu ini, lebih baiknya kamu tanya daging apakah yang di pakai.

29. Babi Guling

Babi-Guling Khas Bali
Babi-Guling Khas Bali/by instagram @priscillajhanie

Bali memang terkenal dengan masakan daging babinya, karena di sana banyak masyarakat yang non muslim. Kuliner yang satu ini merupakan makanan yang terbuat dari daging babi murni yang di pagang secara untuh di atas bara api dan diguling-gulingkan sampai matang.

Sebelum babi di pagang di atas bara api, babi ini sudah di bumbui dan di dalam perutnya sudah di isi dengan bumbu dan sayuran. Untuk mendapatkan babi guling ini kamu bisa datang ke Babi Guling Pak Malen yang terletak di Seminyak dan masih banyak lagi rumah makan yang menyediakan babi guling ini.

30. Babi Genyol

Babi-Genyol Khas Bali
Babi-Genyol Khas Bali/by instagram @warungkemul

Babi genyol merupakan makanan khas suku Bali yang terbuat dari kulit babi yang dicampur dengan bumbu-bumbu khas Bali yang sangat menggugah selera. Makanan yang satu ini juga mudah kamu temui di warung-warung makan sekitar tempat wisata Bali.

31. Kacang Asin, Oleh-Oleh Khas Bali

Kacang-Asin Khas Bali
Kacang-Asin Khas BaliKacang-Asin Khas Bali/by instagram @stevenrichiesurabaya

Berikut merupakan oleh-oleh yang pas kamu bawa pulang jika sudah berkunjung ke Bali. Makanan ringan khas Bali ini memiliki rasa yang gurih ditambah dengan rasa asin yang sangat pas. Dari bentuk memang sekilag kacang ini seperti kacang biasa, namun siapa sangka kacang ini memiliki rasa yang sangat gurih yang bisa buat kamu nambah lagi.

32. Bagiak

Bagiak Khas Bali
Bagiak Khas Bali/by instagram @vennirad

Oleh-oleh yang selanjutnya yaitu bakiak. Makanan yang satu ini juga cocok kamu bawa pulang karena dapat bertahan lama dan rasanya masih enak lho. Bagiak merupakan makanan yang terbuat dari sagu yang kemudian di panggang.

Rasa bagiak ini sangat renyah dan tidak terlalu manis. Makanan ini sangat cocok jika dimakan dengan secangkir kopi yang menemani hari kamu.

33. Ayam & Bebek Betutu

ayam-betutu Khas Bali
ayam-betutu Khas Bali/by instagram @eaterquotes

Selanjutnya makanan yang wajib kamu coba adalah ayam atau bebek betutu. Makanan ini sudah menjadi primadona traveler baik lokal atau mancanegara. Makanan ini disajikan dalam bentuk ayam atau bebek dalam bentuk yang masih utuh yang bagian dalam perutnya sudah di isi dengan bumbu-bumbu dan sambal pedas.

Untuk menikmati satu porsi makanan yang satu ini, kamu bisa datang ke daerah Men Tempeh di Gilimanuk atau Men Wati di Sanur. Di rumah makan ini kamu bisa mencoba semua masakan ayam atau bebek betutu yang sangat nikmat.

34. Sate Kablet

Sate-Kablet Khas Bali
Sate-Kablet Khas Bali/by instagram @foodrecipesindonesia

Sate yang satu ini memang sangat terkenal di daerah Bali. Makanan halal yang satu ini sudah menjadi incaran makanan no satu bagi traveler yang datang ke pulau Bali. Sate ini terbuat dari daging ikan tuna yang di potong kecil-kecil berbentuk dadu kemudian di lilitkan pada kayu yang sudah di bentuk untuk di bakar.

35. Sate Plecing

Sate-Plecing Khas Bali
Sate-Plecing Khas Bali/by instagram @natalia_fabsan

Sate yang berikutnya adalah sate Plecing. Salah satu makanan yang halal ini juga sangat cocok buat kamu para traveler muslim yang datang ke Bali. Karena makanan ini terbuat dari daging ayam ataupun daging ikan yang sudah di potong sesuai ukuran.

Dengan tambahan bumbu pelecing yang terdiri dari cabe rawit, tomat, terasi, garam, dan air jeruk limun membuat sate ini menjadi sangat nikmat saat di bakar dan di makan bersama nasi hangat di temani dengan es teh.

Nah, cukup menarik bukan makanan khas Bali yang satu ini. Jadi buat kamu yang belum pernah ke Bali, buruan deh ke Bali untuk menikmati kelezatan makanan-makanan khas Pulau Dewata ini. Sekian dari saya semoga bermanfaat dan menambah wawasan kamu ya sob!! Terus ikuti artikel-artikel menarik yang lainnya di syahidhas.com.

Tinggalkan komentar