Serabi Khas Solo

Oleh-Oleh Khas Solo Yang Wajib Kamu Bawa Pulang

Oleh-Oleh Khas Solo Yang Wajib Kamu Bawa Pulang – Solo adalah salah satu kota yang masih kental dengan kultur dan budayanya. Ya, memang benar gays, Kota Solo masih menggunakan bahasa yang sangat halus dan sopan. Tidak hanya itu, beberapa tour destinasi wisata yang ada di Solo juga sangatlah mempesona dan bisa membuat kamu terpesona dengan pemandangannya.

Namun ada beberapa hal yang memang tidak boleh di tinggalkan saat anda datang ke Solo, yakni beberapa buah tangan atau oleh-oleh khas Solo yang memeng bisa membuat kamu mengenang akan Kota Solo ini.

Oleh-oleh khas Solo memang kini menjadi incaran para wisatawan yang berkunjung ke Solo. Nah, jika kamu saat ini sedang berlibur ke Solo, maka kamu wajib membawa oleh-oleh khas Solo ini. Nah, buat kamu yang belum kesana berarti kamu wajib datang kesana ya, hehe.

Namun, memang tak banyak yang tahu tentang beberapa jajanan khas Solo yang sangat nikmat ini. Untuk kamu ya gays, yang memang merupakan orang awam yang memang baru datang di Solo, jangan khawatir deh, disini syahidhas.com/ akan mengajak anda untuk menemukan berbagai pusat oleh-oleh khas Solo untuk anda berbelanja dan menambah wawasan.

Kita tahu, destinasi wiasata Solo memang masih sangat ramai di kunjugi banyak orang ya. Solo juga terkenal akan beberapa wisata kuliner Solo yang memiliki cira yang khas dan sangat enak untuk di nikmati sendiri maupun bersama keluarga.

Nah, untuk kamu yang ingin mengetahui beberapa jajanan ataupun oleh-oleh khas Solo, maka disini akan dijelaskan beberapa oeh-oleh tersebut. Baiklah, berikut adalah daftar oleh-oleh khas Solo yang wajib kamu bawa pulang.

Serundeng

sendeng khas solo
sendeng khas solo/commons.wikimedia.org

Oleh-oleh khas Solo yang pertama adalah serundeng. Serundeng merupakan salah satu varian makanan tradisional khas Jawa yang cukup populer di kalangan warga Indonesia. Olahan kuliner yang satu ini merupakan makanan yang terbuat dari kelapa yang sudah diparut, olahan ini khas Solo ini memiliki tampilan yang sangat mirip dengan abon.

Hanya saja, rasanya sangat berbeda dengan abon. Serundeng ini memiliki rasa yang sangat gurih , sehingga makanan ini snagat disukai dan di gandrungi oleh kalangan masyarakat Indonesia. Sekedar informasi nih ya gays, makanan ini juga di klaim memiliki kandungan gizi yang sangat baik tubuh karena bahan utamanya adalah kelapa yang banyak gizinya.

Intip

Intip Khas Solo
Intip Khas Solo/anekakuliner.net

Intip merupakan salah satu oleh-oleh khas Solo Surakarta yang pas untuk dijadikan sebagai oleh-oleh untuk teman dan kerabat. Makanan ringan yang satu ini memiliki cita rasa campuran antara gurih, renyah, asin dan manis.

Menurut informasi yang kami terima, makanan ringan yang bisa didapatkan dengan mudah di sentra wisata kuliner di Solo ini dibuat dengan menggunakan kerak nasi yang melekat dibagian dasar atau bawah panci. Kerak nasi tersebut selanjutnya akan dijemur terlebih dahulu dibawah terik sinar matahari, setelah kering, kerak nasi akan di goreng dengan minyak panas.

Untuk mendapatkan nasi intip ini kamu bisa mencarinya di beberapa sentra oleh-oleh yang ada di kota Solo nih gays. Atau kalau kamu mau, kamu juga bisa mendapatkan nsai intip ini dipusatnya oleh-oleh khas Solo Kreezz.

Surabi

Serabi Solo
Serabi Solo/youtube.com/watch?v=o9vgu9U6cL8

Siapa yang tidak kenal dengan makanan yang satu ini, ya benar surabi. Surabi adalah makanan khas Solo yang bisa ditemui di beberapa tempat nongkrong di Solo, makanan ini kabarnya juga termasuk salah satu varian oleh-oleh yang cupuk banyak di gemari oleh kalanagn wisatawan yang berkinjung di Kota Solo.

Meski juga olahan kuliner ini memiliki daya tahan yang tidak begitu lama namun secara keseluruhan, olahan kuliner yang dibuat dengan menggunakan tepung beras ini tergolong cukup pas unuk dijadikan sebagi oleh-oleh khas Solo Surakarta untuk keluarga maupun kerabat.

Ampyang

Ampyang Khas Solo
Ampyang Khas Solo/goodindonesianfood.com

Makanan yang satu ini masih termasuk makanan ringan, oleh-oleh khas Solo Jawa Tengah yang berikut ini adalah ampyangng. Ampyang merupakan makanan tradisional Jawa Tengah yang dibuat dengan menggunkan bahan baku campuran antara kacang, jahe dan gula merah.

Maknan rigan yang satu ini memnag sangat terkenal dengan cita rasa yang sangat khas, yaitu makanan ini memiliki rasa yang manis dan legit. Salain itu, kerena harga makanan ini yang sangat cuku murah, menu makanan juga menjadi sangat populer di kalanagan wisatawan untuk dijadikan sebagi oleh-oleh kamu dari Solo.

Abon Mesran Solo

Abon Mesran
Abon Mesran/masakmemasak.com

Abon Mesran Solo merupakan salah satu varian makanan ringan yang cukup banyak di gandrungi oleh kalangan wisatawan untuk dijadikan sebagai produk oleh-oleh khas Solo. Makanan ini termasuk makanan yang tahan lama lo, jadi buat kamu yang rumahnya jauh dari Solo gak usah kawatir kalau makanan ini akan basi di jalan.

Dibandingkan dengan beberapa varian produk oleh-oleh khas Solo berupa makan yang lainnya. Abon, memang cenderung memiliki daya tahan yang sangat baik, sehingga nantinya bisa kamu konsumsi dalam kurun waktu yang cukup panjang.

Menurut inoformasi yang beredar nih ya, Abon Mesran Solo ini dibuat dengan menggunakan bahan baku utama yang berupa daging ayam ataupun daging sapi. Untuk rasa abon nya sendiri biasanya didominasi dengan rasa manis-manis gurih sehingga sangat pas untuk dijadikan sebagai lauk untuk menyantap nasi.

Brem Solo

Brem Khas Solo
Brem Khas Solo/goodindonesianfood.com

Brem Solo merupakan salah satu varian produk oleh-oleh khas Solo online yang sudah dipesan dengan mudah. Namun begitu nih ya, bila kamu sedang berkunjung ke Kota Solo, tidak ada salahnya kok kalau kamu mau membeli dan menjadikan produk makanan ringan ini sebagai oleh-oleh kamu.

Brem Solo sendiri merupakan makanan ringan berbentuk kepingan padat yang dibuat dari olahan bekas peragian air tape. Makanan ini memiliki cita rasa yang benar-benar sangat khas, yaitu agak sedikit masam, dan terasa dingin dan lumer di mulut. Untuk mendapatkan makanan ini, kamu bisa mengunjungi di beberapa sentra oleh-oleh khas Solo.

Serbat Solo

Serbat Khas Solo
Serbat Khas Solo/muthmainnah.com

Sama seperti halnya brem Solo, serbat jahe, sebenarnya juga sudah bisa digolongkan ke dalam oleh-oleh khas Solo online yang mana untuk bisa mendapatkannya kamu sebenarnya tidak harus dating ke Kota Solo nih. Hanya saja, karena makanan ini memang merupakan makanan khas Solo, gak ada salahnya dong kalo kamu berkunjung ke Kota Solo dong.

Saat ini produk serbat jahe sudah bisa kamu dapatkan dengan cukup mudah dan dengan besaran yang relatife murah. Tidak hanya itu lo gays, produk ini saat ini juga sudah tersedia dalam bentuk kapsul, sehingga sudak bisa kamu bawa kemana-mana dengan aman, mudah sebagai oleh-oleh keluarga kamu nih.

Surabi Notosuman

Surabi Notosuman
Surabi Notosuman/psychoparadiso.com

Makanan yang satu memang termasuk jenis makanan surabi, tapi surabi notosuman merupakan jajanan yang paling populer di Kota Solo. Surabi yang ini menyerupai pancake yang memiliki beberapa varian rasa seperti keju, pisang, nangka, dan lain-lainnya. Namun, surabi notosuman hanya memiliki 2 varian saja nih, biasa dan coklat saja gays.

Rambak Petis

Rambak Petis
Rambak Petis/http://rambakpetiskhassolo.blogspot.co.id

Rambak terbuat dari kulit sapi atau kerbau yang digoreng kering mirip seperti kerupuk. Rasanya gurih dan sedikit rasa pedasnya. Camilan ini sangat nikmat dimakan bersama dengan petis. Untuk mendapatkan oleh-oleh ini kamu bisa datang ke kampong Jagalan, Jebres, Solo, disana terdapat tempat produksinya.

Bakpia Balong

Bakpia Balong Solo
Bakpia Balong Solo/hasmalioboro.blogspot.co.id

Tak hanya di Kota Gudeg saja, Solo juga punya bakpia dengan rasa yang khas, berbeda dengan yang ada di Jogja. Disini kamu bisa menemukan bakpia balong yang memiliki beberapa rasa seperti kacang hijau, kacang hitam, ketan, coklat dan lainnya. Lokasinya salaha satunya ada di JL.Urip Sumoharjo, timur Pasar Gedhe.

Roti Kecik Ganep

Roti Kecik Ganep Khas Solo
Roti Kecik Ganep Khas Solo/bukalapak.com

Roti ini terbuat dari tepung ketan, roti ini m emiliki rasa yang sangat gurih dan manis lo. Roti kecik genep juga tahan lama, jadi cocok untuk oleh-oleh kamu nih. Biasanya sebagai teman menikmati kuliner ini adalah teh hangat ketika kamu lagi bersatai di depan rumah maupun di depan televise.

Klengkam

Klangkam Khas Solo
Klangkam Khas Solo/foody.id

Kuliner ini juga selalu ada di semua took oleh-oleh di Solo. Klengkam adalah sebutan lain dari kering kentang yang dibuat dengan bumbu rempah. Biasanya makanan ini sebagai makanan pelengkap makanan dan bisa juga sebagai camilan saat bersantai.

Solo Pluffy

Kue Pluffy Khas Solo
Kue Pluffy Khas Solo/pusatinformasi.xyz

Tak kalah dengan kota besar lainnya, Solo juga memiliki kue kekinian yang dijual para artis ibu kota. Contohnya artis Jessica Mila membuka usaha kuliner kue Solo Pluffy. Kedai kue ini menawarkan kue bertekstur lembut berbentuk bundar. Rasa yang ditawarkan beragam, mulai dari original, cheese, strawberry, choco cornflake, hingga green tea cornflake.

Kamu gak usah kawatir akan oleh-oleh khas Solo ini, kamu cukup mengeluarkan uang Rp 48.000 – Rp. 58.000 untuk sekotak kue. Dijamin deh kamu gak bakal nyesel kalo beli kue ini, hanya mengeluarkan uang gak sampek 100 ribu kamu sudah bisa menikmati kue yang sangat enak ini.

Batik Solo

Batik Pasangan Khas Solo
Batik Pasangan Khas Solo/bajubatikmodern.xyz

Satu lagi produk oleh-oleh khas Solo yang gak boleh kamu lewatkan jika kamu berkunjung ke Kota Solo ini, produk yang tahan lama dan bisa dijadikan sebagai alternative pilihan oleh-oleh untuk teman maupun kerabat, yaitu batik Solo.

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, bati merupakan salah satu kain tradisional yang dimiliki oleh warga Jawa, termasuk salah satunya adalah di Kota Solo, Jawa Tengah. Nah, karena harga produk kain batik di Indonesia tergolong cukup murah, produk batik asal Solo ini biasanya dijadikan oleh-oleh kalangan wisatawan.

Bila anda hendak menjadikan batik sebagai oleh-oleh untuk orang special, kamu bisa membeli kain ataupun baju batik tulis yang notabene yang memiliki bandrol harga agak sedikit mahal. Tapi kamu jangan kawatir mengenai masalah atau kualitas yang dimiliki batik tulis ini, dijamin oke deh.

Oleh-Oleh Khas Solo Yang Wajib Kamu Bawa Pulang – Bagaimana, sudah tahu apa belom entar kamu mau beli oleh-oleh apa untuk dibawa pulang kalau sedang mampir di Kota Solo? Kuliner diatas sangat mudah kamu dapat kok kalau kamu sedang berkunjung di Kota Solo, apalagi batik khas Solo yang sudah tersebar di sudut-sudut kota. Nah, sekarang selamat berbelanja ya!

Tinggalkan komentar